Berapa Jauh Kita ke Pusat Bumi? Penjelajahan ke Inti Bumi

Halo, Sobat Sains! Di artikel yang mantap kali ini, kita bakal ngobrolin sesuatu yang super dalam, yaitu 'Inti Bumi'. Bukan hanya dalam secara fisik, tapi juga mendalam pengetahuannya. Jadi, yuk kita mulai petualangan kita dengan tagar #IntiBumi.

Inti Bumi, atau yang biasa kita sebut dengan pusat Bumi, merupakan tempat yang paling dalam dan misterius di planet kita. Kata 'dalam' akan menjadi kata kunci yang kita ulang dalam artikel ini, Sobat Sains, karena itulah esensi dari penjelajahan kita kali ini.

Bumi kita ini punya lapisan, mirip seperti bawang. Mulai dari kerak terluar, mantel, lalu inti luar dan inti dalam (Tarbuck & Lutgens, 2017). Tapi berapa 'dalam' sih inti Bumi itu?

Untuk mencapai inti dalam Bumi, kita harus berjalan ke bawah sekitar 6.371 kilometer (Poirier, 2000). Itu setara dengan berjalan dari Jakarta ke Sydney, Australia! Woah, cukup dalam ya Sobat Sains!

Inti Bumi ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu inti luar dan inti dalam. Inti luar berada sekitar 2.890 kilometer di bawah permukaan Bumi dan terdiri dari logam cair seperti besi dan nikel. Sementara inti dalam, yang benar-benar 'dalam', terbuat dari besi dan nikel dalam bentuk padat (Poirier, 2000).

Jadi Sobat Sains, bagian paling dalam dari Bumi kita ini adalah inti dalam, sebuah bola padat yang memiliki radius sekitar 1.220 kilometer. Itu berarti, jika kita berjalan dari ujung ke ujung, kita bakal menempuh jarak sekitar 2.440 kilometer. Lumayan jauh, kan?

Sekarang Sobat Sains sudah tahu betapa 'dalam'nya inti Bumi ini. Meski kita belum bisa melihat atau mengunjunginya secara langsung, kita bisa belajar banyak tentangnya melalui gelombang gempa dan penelitian geofisika (Dziewonski & Anderson, 1981).

Jadi, biarpun 'dalam', pengetahuan kita tentang inti Bumi ini bisa kita jangkau. Dan yang pasti, Sobat Sains bisa ikut serta dalam penjelajahan ilmu pengetahuan ini.

Sebelum kita tutup artikel ini, Sobat Sains, coba sebarkan tagar #IntiBumi dan ajak teman-temanmu untuk ikut memahami lebih dalam tentang Bumi kita. Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Sains!

Referensi:

  1. Tarbuck, E. J., & Lutgens, F. K. (2017). "Earth: An Introduction to Physical Geology".
  2. Poirier, J.P. (2000). "Introduction to the Physics of the Earth's Interior". Cambridge University Press.
  3. Dziewonski, A. M., & Anderson, D. L. (1981). "Preliminary reference Earth model". Physics of the Earth and Planetary Interiors.