Bisa Gak sih Air di Bumi Ini Habis? Ini Dia Akibatnya Jika Terjadi!

Selamat datang kembali, Sobat Sains! Kali ini kita akan menjelajahi sebuah topik yang sangat penting, yaitu tentang 'Air' di Bumi kita. Sobat Sains, pernah nggak sih kamu berpikir, apa yang terjadi jika air di Bumi habis? Yuk, kita bersama-sama cari tahu dengan tagar #AirBumiHabis!

Jadi, 'Air' menjadi kata yang akan kita ulang kali bahas di artikel ini, Sobat Sains. Karena tanpa air, kehidupan seperti yang kita kenal takkan bisa ada.

Sekitar 71% permukaan Bumi kita ini ditutupi oleh air (Charette & Smith, 2010). Tapi, tidak semua air itu bisa kita gunakan lho, Sobat Sains. Sebagian besar air di Bumi adalah air asin, hanya sekitar 2.5% saja yang air tawar dan bisa kita konsumsi (Gleick, 1996).

Lantas, apakah mungkin 'Air' di Bumi ini bisa habis? Teorinya, air di Bumi tidak bisa benar-benar habis. Air di Bumi kita ini berada dalam siklus yang disebut siklus hidrologi. Artinya, air berubah dari satu bentuk ke bentuk lainnya: dari uap menjadi air, dari air menjadi es, dan seterusnya (Dingman, 2015).

Namun, Sobat Sains, perubahan iklim dan penggunaan air yang tidak berkelanjutan bisa menyebabkan ketersediaan air bersih menjadi semakin menurun. Jadi, meskipun air tidak akan habis secara total, kita bisa kehabisan air bersih jika tidak menjaganya dengan baik.

Nah, bagaimana jika 'Air' di Bumi habis? Kehidupan seperti yang kita kenal akan sangat terpengaruh. Air adalah bagian penting dari kehidupan di Bumi. Tanpa air, hewan dan tumbuhan tidak bisa hidup, dan itu akan berdampak pada seluruh ekosistem Bumi (Postel, 2000).

Dari artikel ini, Sobat Sains, kita bisa belajar betapa pentingnya menjaga ketersediaan air di Bumi kita. Jadi, mari kita sama-sama berjuang untuk menjaga sumber daya alam yang satu ini, agar kehidupan di Bumi bisa terus berlangsung.

Sampai jumpa di artikel berikutnya, Sobat Sains, dan jangan lupa sebarkan tagar #AirBumiHabis untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga ketersediaan air di Bumi kita!

Referensi:

  1. Charette, M.A., & Smith, W.H.F. (2010). "The volume of Earth's ocean". Oceanography.
  2. Gleick, P.H. (1996). "Water resources". Encyclopedia of Climate and Weather.
  3. Dingman, S.L. (2015). "Physical Hydrology". Waveland Press.
  4. Postel, S. (2000). "Entering an Era of Water Scarcity: The Challenges Ahead". Ecological Applications.