Yuk Berhasil, Sobat Sains! Cara Sukses Menanam Pohon Sengon Ala Pro

Sumber : rimbakita.com

Halo Sobat Sains! Kalian pasti udah gak asing lagi dong sama yang namanya pohon Sengon atau Albasia? Yap, pohon satu ini sering kali jadi pilihan para pehobi tanaman maupun pebisnis hutan tanaman karena tumbuhnya yang cepat dan kayunya yang banyak manfaat. Nah, kali ini kita akan ngobrol soal gimana cara sukses menanam pohon Sengon. Langsung aja yuk cus simak!

Pertama, kita harus tau dulu nih bahwa tanaman Sengon ini suka banget sama kondisi tanah yang subur dan drainase yang baik. Maka dari itu, kudu banget deh kita cek kondisi tanah kita. Gak usah pusing-pusing, cukup tes pH tanah aja. Idealnya sih pH tanah untuk Sengon ini berada di rentang 5-7. Kalau udah oke, barulah kita lanjut ke tahap berikutnya.

Kedua, kita harus perhatikan proses penanaman biji Sengon ini, Sobat Sains. Untuk sukses menanam Sengon, kita harus pastikan biji Sengon kita ini benar-benar fresh dan berkualitas. Makanya, beli deh biji Sengonnya di tempat yang terpercaya. Trus, jangan lupa rendam biji Sengon dalam air semalam sebelum ditanam ya, guys.

Next, kita lanjut ke proses penanaman biji Sengon. Jangan asal tanam ya, Sobat Sains. Lubangi tanah sekitar 2-3 cm, terus taruh biji Sengon di lubang tersebut. Nah, selanjutnya tutup dengan tanah dan siram dengan air yang cukup. Remember, gak boleh kebanyakan air ya. Karena Sengon ini gak suka banget sama keadaan tanah yang kelebihan air.

Oke, setelah kita menanam biji Sengon, kita juga harus perhatikan nih tahap perawatannya. Sobat Sains, penting banget kita rutin menyiram pohon Sengon kita, terutama di musim kemarau. Plus, jangan lupa untuk memangkas cabang yang sudah terlalu tua atau sudah mati. It will help your Sengon tree to grow healthier and faster.

Terakhir, setelah pohon Sengon kita udah tumbuh besar dan tinggi, kita harus waspada dengan hama dan penyakit. Ini nih Sobat Sains, tantangan terakhir kita untuk sukses menanam Sengon. Tapi tenang aja, kalau kita rajin merawat dan memeriksa kondisi pohon Sengon kita, hama dan penyakit bisa diatasi dengan mudah kok.

Jadi, gimana Sobat Sains? Udah siap untuk sukses menanam pohon Sengon? Dengan paham dan mengikuti step-step di atas, gak ada yang mustahil deh buat kita untuk sukses menanam Sengon. Sekarang, saatnya kita beraksi dan tunjukkan pada dunia bahwa kita, Sobat Sains, bisa sukses menanam pohon Sengon. So, let's go green and keep on planting, Sobat Sains!